Canduang, Justic – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, S.Sos., M.M melepas secara resmi kafilah dari Madrasah Tarbiyah Islam (MTI) Canduang yang akan mewakili Sumatera Barat dalam perlombaan Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) 2023 di Jawa Timur. Acara itu diadakan di ruangan Aula Ponpes MTI Canduang pada Sabtu, 8 Juli 2023.

Sebagaimana dikutip dari sumbar.antaranews disebutkan “MQKN 2023 ini diharapkan mampu memotivasi dan meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber dari kitab kuning,” kata Bupati Agam, Andri Warman, Sabtu.

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan menggelar MQKN 2023 di Pesantren Sunan Drajat, Kabupaten Lamongan pada 10-18 Juli 2023.

Kegiatan yang bertema ‘Rekontekstualisasi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia’ itu diikuti santri pondok pesantren dan mahasantri ma’had Aly MTI Canduang dari 35 provinsi di Indonesia.

“Pondok pesantren di Kabupaten Agam merupakan yang terbanyak di Sumatera Barat dengan jumlah 45, saya dengan MTI Canduang sudah mempunyai hubungan emosional yang sangat dekat sekali, selamat dan sukses untuk MTI Canduang,” kata Bupati.

Ia mengatakan berbagai kegiatan telah banyak diikutinya sebagai Bupati Agam di MTI Canduang selama ini dan berharap kafilah yang tampil di perlombaan tingkat nasional itu mampu mengharumkan nama Kabupaten Agam dan Sumbar secara umum.

“Karena saya sering sekali datang ke MTI Canduang, untuk menghadiri berbagai kegiatan seperti perayaan pemberian ijazah, MTI Canduang sebagai peserta MQK terbanyak dengan peserta 16 orang, semoga sukses meraih prestasi untuk mengharum Provinsi Sumatra Barat dan Kabopaten Agam,” kata dia.

Bupati Agam mengatakan, Pemerintah daerah Kabupaten Agam telah membuat MOU atau kerjasama dengan Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas Sumber daya manusia khususnya bidang Agama.

Rais al-Madrasah MTI Canduang Buya Anas Khatib Bandaro yang didampingi Kepala tingkat Aliyah Candra, mengatakan bahwa Alhamdulillah atas dukungan kerja keras guru dan santri mampu meraih juara umum lomba MQK tingkat Kabupaten Agam sebelumnya.

“Saat dilaksanakan di Ponpes Asy Syarif, MTI Canduang meraih 21 orang juara pertama, 9 orang juara 2 dan 10 orang juara 3 dari 24 cabang yang diperlombakan,” kata Buya.

Sementara pada MQK tingkat Provinsi 2023 di Ponpes Sumatra Thawalib Parabek, MTI Canduang berhasil memperoleh juara umum dengan memperoleh 13 orang memperoleh juara pertama yang akhirnya berlaga di tingkat nasional.

Beberapa jenis lomba yang digelar dalam acara MQKN 2023 tersebut antara lain musabaqah qira’atil kutub, debat bahasa Arab dan Inggris, bahtsul kutub, debat qanun hingga lalaran nadham.

Untuk nama santri yang mengikutinya adalah M.Syamil Basayef, Naila Muthmainnah, Fauzan Azima, Ghasani Fairus Ismail, M. Rizvi Mubarak, Kayla Fredella Amanza, Salwa Aqila, Salwa Afifa Uhsul, Abdul latif, Fatma Azzahra, Zakhia Adilla, Dwi Ananda Putri, Andrea Alif Aulia, Ibrahim Masykur, Rehan Fadilah dan Arif Dinul Islam. (Tim Redaksi Justic)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *